Minggu, 12 September 2010

Icip-icip masakan khas Palembang - Part 1

Lebaran tahun ini kami rayakan di Palembang, karena memang nggak ada waktu (juga gak ada uang) untuk mudik. Akhirnya libur lebaran dimanfaatkan buat jalan2 and wisata kuliner menjelajahi kota Palembang.
Hari H lebaran adalah hari pertama kami berburu makanan khas, but unfortunately banyak warung/rumah makan yang masih tutup. Alhasil masuk mall juga dinnernya,,so sad,,

Hari ke-dua acaranya adalah sanjo sanjo (silaturahmi/berkunjung door to door) sambil nanya2 tentang khas nya Palembang. Kebetulan banget di rumah temen suami (wong asli Palembang) ada kue bolu 8 jam. Kue ini memang bener2 dikukus selama 8 jam. Trus ada pempek juga,,hehe alhamdulillah dapet gratisan.
Sayangnya,,di hari kedua lebaran warung2 juga masih pada tutup. Akhirnya kita makan mie ayam deh,,nasib nasib,,

Hari ke-tiga diawali dg hunting mie celor di Jl. KH,Ahmad Dahlan 26 Ilir. Mie celor yg ini katanya terkenal,,akhirnya kami coba deh. Ini dia mie celornya,,
Mie Celor
Kesan pertama dari mie celor adalah mirip mie rebus. Yang membedakan adalah kuahnya yang bersantan kental dan dari rasanya seperti ada campuran telor juga. Mie celor ini juga ada taugenya. Mie nya sendiri mirip spagheti. Mungkin karena berkuah santan jadi agak enek dan cepet kenyang (ato memang lidahku yang belum cocok??). Saranku, kalo makan mie celor mesti dalam keadaan laper banget hehe.

Srikaya Palembang
Kalo yang ini namanya Srikayo. Dari penampilannya sih mirip puding gitu. Tapi ketika dimakan, lembuuuuttt banget. Kalo dari rasanya, sepertinya ada campuran telor dan santannya. Soalnya agak amis2 dikit. Yang ini juga agak enek,,tapi enak lah,,

Habis makan mie celor, sholat ashar dulu sambil meregangkan perut yang kekenyangan di Masjid Agung. Trus sanjo kerumah temen di daerah Plaju. Walopun terjebak macet di jembatan Ampera, tapi alhamdulillah niat silaturahmi tetep berkobar.
Jembatan Ampera
Sampai rumah temen disuguhi kue lapis legit, Tekwan sama pempek,,weleh,,mantap pisan. Bener2 wisata kuliner gratis yang menyenangkan hehe.

Pulang dari rumah temen, masih pengen lagi menggoyang lidah. Kali ini giliran Martabak HAR di Jl. Jend. Sudirman.
Martabak HAR
Ini proses penggorengannya.

Martabak Har Palembang
This is it,,Martabak HAR.

Martabak ini mirip sama martabak yg biasa dijumpai di Jawa. Bedanya, gk ada sayurannya. isinya cuma 2 telur yang dilapisi adonan tepung. Lalu disajikan dengan kuah kental yang mirip kuah kari,kentang rebus dan sambal kecap. Rasa dari kuahnya sih seperti ada cengkeh sama kayu manisnya,,rasanya kuat banget. Tapi lagi2,,kayaknya lidahku belum terbiasa. Masih enakan martabak bangka hehe.

Esok hari, rencananya masih mau icip2 lagi masakan khas Palembang lainnya so,,don't miss it!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar