Minggu, 21 Desember 2008

Gaun Pengantin Muslim





Hemm,,,Blue,,!!!
GAk tau kenapa warna biru muda ini aku suka banget. Warna ini adalah warna kesukaanku selain Pink.

Oke,,yuk kita bahas soal gaunnya,,yuuukkk,,!!
Gaun ini rancanganku sendiri,,asliiii,,!!
Padu padan antara adat jawa sama identitas ku sebagai seorang muslimah.

Baju yang dalem itu gamis biru polos, harga kain juga gak mahal, cuma 30rb/m. Biar gak terlalu sepi/polos, bagian bawah depan aku beri bordir yang warna, motif, dan bentuknya hampir serupa dengan kebaya luarnya.

Nah baju luarnya dibikin model kebaya. Aslinya nih kainnya biasa, tapi ada payet dan bordirnya. Kebetulan kain ini ada 3 m. Aku cm butuh 2 m untuk bikin kebayanya. Nah sisa kainnya dipake untuk nambah hiasan pada bagian depan baju. Jadi bordir2 nya dipotong dan digunakan buat tumpal.

Hasilnya sangat tidak mengecewakan,,puassss banget!!
Karena kebayanya payetnya gak banyak, so bling blingnya gak keliatan. Untungnya aku punya keahlian di bidang payet, gak mahir sih tapi lumayan lah. So aku tambahin payet di bagian bunga2nya,,,jadi deh,,

Soal kerudung, pake ato gak pake itu sesuai selera. Kalo aku sih gak pake, hanya buat session foto aja. Tapi kerudung itu pernah aku pake waktu akad nikah. Bahan kainnya kalo aku bilang sih kain kassa. Trus dibordir di bagian pinggirnya sama aku tambahin bordir motif bunga juga dipinggirnya. Selain nambah bagus, juga biar kain kassa jadi jatuh dan agak berat.

Total biaya yang dikeluarkan juga gak gede:
Kain gamis 3m = 90rb
Kain kebaya 3m = 450rb
Kain kerudung 1,5m = 30rb
Ongkos bordir = 80rb
Ongkos jahit = 200rb
Payet jepang = 20rb
Total biaya = 870 rb
Ini jauh lebih murah dibandingkan beli jadi. Dulu aku sempet tanya ke ITC Tanah Abang. Untuk gaun yang seperti aku rancang tadi butuh biaya +/- IDR 2,500,000. Harga yg fantastik kan?

Buat temen2 yang butuh konsultasi, boleh juga kok nanya2. Ato butuh informasi tentang tempat jahit yg oke, tempat bordir yang halus, sama tukang payet, insyaallah aku bantu deh.

6 komentar:

  1. :) Ass,aku icha, boleh tau tempat jahit yang bgs tp murah ? :)
    Btw...ini jahitnya sendiri, bordir kamu bawa sendiri?satu2?
    tolong ke dara_twinkle@yahoo.com ya :)
    makasih banyak :)

    BalasHapus
  2. Hai Icha,,makasih ya dah visit this site :-)
    Kebetulan gaun saya dijahit di Salatiga, tempat asal saya.
    Berdasarkan cerita dari temen2 di milis sebelah, berikut ini tempat jahit yang bagus dan agak murah di Jakarta :
    1. Butik Naid'e, Otista, jakarta Selatan

    2. Pasar Tebet Barat, cari penjahit yang namanya Butet. Sayangnya aku gak punya phone numbernya :-(

    3. Pasar mayestik lantai 1, cari Yuli modiste ato toko jahit FARIDA.

    4. Mode Butik
    Pasar Sunan Giri Rawamangun
    (021) 475 2349 (Mbak Ipeh)
    (021) 9239 6721

    5. QZM
    Pasar Sunan Giri Rawamangun
    (021) 472 2872 (Mas Kosim)

    6. Berkat Kebaya
    ITC Cempaka Mas Lt. V Blok NFC 173-176
    (021) 4288 4470

    7. Sundjoyo Mayestik
    Jl. Gandaria III No. 6 C (Depan taman puring)
    (021) 725 4119
    (021) 725 3529

    8. Butik Hana
    Jl. Lapangan Roos II No. 6 Tebet
    (021) 830 4300
    (021) 829 8156
    (021) 7022 7433 (Mbak Ika)

    Tempat2 diatas berdasarkan rekomendasi dari temen2. Dari soal harga yang murah, jahitan yang pas, semua ada disini. Tapi, yang paling murah katanya di Pasar Mayestik sih. Mungkin karena disana banyak persaingan, jadi harganya bisa di nego. Tapi coba dulu aja deh,, :p
    Selamat hunting ya,,

    BalasHapus
  3. assalamualikum, mo sharing ni, begini rencananya aku mo ngadain walimahan tapi dengan konsep yg pengajian jadi sang pengantin ga dipajang, nah minta sarannya untuk model gamis yg simpel tapi kesanya wah...
    balas ke dolipori@gmail.com
    makasih banyak

    BalasHapus
  4. thx infonya sangat membantu
    gamis murah

    keren n bagus gamis nya sis

    BalasHapus