Kamis, 09 Juli 2020

Kaligrafi Kufi - Part 1

Bismillaah,,
Dengan menyebut Asma Allah,,

Siapa yang tak mengenal seni kaligrafi? Tentunya sudah tak asing lagi bukan? 
Kaligrafi adalah seni tulis yang sudah berkembang sejak dulu di tanah Jazirah Arab. 
Kaligrafi merupakan tulisan arab yang ditulis dengan beberapa guratan dengan memperhatikan setiap unsur artistik pada setiap tulisan. Guratan-guratan tersebut menghasilkan seni tulis yang sangat mempesona. Tulisan tersebut juga  kerap dijadikan sebagai hiasan seni rupa yang disukai oleh banyak orang.
Seni kaligrafi sendiri juga termasuk kedalam seni rupa islam yang selalu menjadi hiasan pada dinding-dinding rumah ataupun masjid.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kaligrafi bukan hanya ditulis diatas kanvas ataupun kulit hewan. Akan tetapi, saat ini sudah terdapat banyak sekali seni kaligrafi arab yang bisa  dijadikan sebagai wallpaper di perangkat yang Anda miliki. Misalnya pada ponsel, laptop, dan juga perangkat lainnya.

Memang Kalimat kaligrafi bisa kita nikmati dengan baik dan mudah jika kita memahami bacaan dan arti yang terdapat pada kaligrafi tersebut. Tentunya memang tidak sulit jika kita bisa membaca  ayat suci Al-Qur`an. Biasanya tulisan kaligrafi arab yang cukup sulit dibaca dan di pahami adalah tulisan kaligrafi yang tidak memiliki tanda baca atau bertuliskan arab gundul.

Ada beberapa jenis khat kaligrafi yang populer hingga saat ini. Diantaranya : Khat Naskhi, Khat Tsuluts, Khat Farisi, Khat Riq'ah, Khat Ijazah, Khat Diwani, Khat Diwani Jali, dan Khat Kufi

Khat Kufi adalah khat yang tertua. Dan gaya kaligrafi kufi ini pertama kali berkembang di kota Kuffah, Iraq, sejak abad ke - 7 Masehi. Wow,,very old 

sumber foto : Wikiwand


Dari gambar salah satu seni khat kufi tertua tersebut jelas tidak ada tanda baca, bahkan titik pun tidak ada. Tentunya menyulitkan untuk membacanya.
Namun seiring berkembangnya jaman, khat kufi ini mengalami modifikasi.


sumber foto : kaligrafikufi.com

Bandingkan dengan khat kufi yang sekarang, lebih mudah dibaca bukan? Atau tetep gak bisa bacanya? hehe

Basic nya memang harus bisa membaca huruf Arab terkhusus membaca ayat Al qur'an dulu, sehingga ketika mendapati tulisan - tulisan arab dalam bentuk apapun Insyaallah akan mudah membacanya. 

Untuk khat Kufi memang ada cara untuk memudahkan membaca seperti gambar dibawah ini :
sumber foto : Facebook

Awalnya memang tidak mudah, tapi InsyaAllah lama kelamaan pasti mengerti tentunya dengan seizin Allah.

Di part selanjutnya, saya akan menulis mengenai Khat Kufi yang saya aplikasikan ke hobi saya yaitu KRISTIK.
Nantikan tulisan saya selanjutnya ya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar