Sabtu, 19 Desember 2009

Minuman hangat bernama Teh Susu

Pagi ini alhamdulillah aku kembali terbangun untuk Qiyamul Lail, dan berlanjut hingga Shubuh. Niatnya sih mau tidur lagi, tapi teingat game Farmville-ku di Facebook langsung saja kubatalkan niatku. Untuk menjaga agar mata tetap terjaga (gak ngantuk), aku membuat segelas Teh Susu. Hmm,,nikmat banget rasanya. Apalagi di minum disaat dingin seperti pagi ini.

Dulu, aku sama sekali gak tertarik dg yg namanya Teh Susu. Aneh aja,,teh kok dikasih susu. Tapi berawal dr iseng nyobain bikinan mama,,eh ketagihan deh.

Menurut wikipedia, teh susu adalah minuman yg merupakan campuran teh dan susu dengan komposisi tertentu. Kalo di Mongolia sana, susu yg digunakan berasal dari kambing atau kuda (wadew,,berat). Lha,,beda lagi kalo di Cina Selatan. Mereka menggunakan campuran teh, susu sapi segar dan gula sebagai pemanis. Dan yg lebih lucu lagi, karena warna teh susu ini mirip dengan warna kaos kaki ketat wanita, teh susu di daerah ini juga kerap disebut sebagai teh susu kaos kaki ketat (imajinasi yg tinggi hihi).

Berdasar browsing yg aku dapet, teh susu bisa berkhasiat untuk mencegah kanker (bukan kantong kering loh). Penelitian ini dikemukakan oleh American Health Foundation. Mereka bilang bahwa teh yg dicampur dg sedikit susu bisa menaikkan antioksidan di dalam teh.
Peningkatan antioksidan tersebut dikarenakan campuran susu yang jumlahnya sedikit mengubah struktur antioksidan teh. Padahal sebelumnya beberapa ahli berpendapat bahwa susu dapat merusak kandungan antioksidan di dalam teh. Melalui studi ini mereka menemukan dalam segelas teh yang dicampurkan sedikit susu dapat meningkatkan antioksidan hingga 8 oz. Kadar antioksidan yang tinggi dapat melawan tumbuhnya sel-sel kanker.

Namun dalam penelitian tersebut juga terungkap jika susu yang dicampurkan terlalu banyak akan menetralkan manfaat teh dan menghilangkan zat antioksidannya.
(apapun yg berlebihan pasti efeknya kurang bagus ya).

1 komentar:

  1. Hi... buat teman yang lagi pengen cuci mata tapi ga punya waktu, or yang lagi mau cari kado or hadiah buat orang tersayang...

    Hmmmm... mampir duuuuuooonkkk ke www.ipopscollections.com

    di sana kamu bakal dapetin BARANG BRANDED dengan Harga MURAH...

    Ada tas Chanel, Louis Vuitton, Prada, Hermes, Gucci, Dior dll...

    So, ga nyesel deh...

    Rasakan sensasi belanja On line yang terasik jaman ini ;)

    CU There..

    Poppy

    BalasHapus